29 August 2017

Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Setelah Operasi

Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Setelah Operasi - Anda yang baru saja melakukan operasi caesar, operasi usus buntu, kista, miom, dan operasi lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi sangat direkomendasikan selama masa pemulihan.

Selain sistem kekebalan tubuh, asupan nutrisi dan gizi dari makanan yang Anda konsumsi ikut mempengaruhi lamanya waktu penyembuhan luka pasca operasi yang Anda lakukan.

Menurut hellosehat.com, makanan yang dianjurkan setelah operasi biasanya merupakan jenis makanan yang membantu mengurangi pembengkakan, memar, serta peradangan yang sering terjadi akibat dari proses pembedahan.

Maka dari itu, untuk mempercepat proses penyembuhan pasca melakukan operasi dan mencegah terjadinya kerusakan otot, ada baiknya Anda memasukan makanan-makanan ini kedalam menu Anda setiap harinya.

Penasaran makanan apa sajakah itu?

Ini Dia Beberapa Jenis Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Setelah Operasi



Makanan Yang Mengandung Vitamin

Makanan baik yang harus Anda konsumsi setelah melakukan operasi yang pertama adalah makanan yang mengandung vitamin, terutama vitamin A, C, D, E, dan vitamin K.

Vitamin A dan vitamin C berkhasiat untuk membantu menyembuhkan luka. Vitamin ini bisa Anda dapatkan dari wortel, ubi jalar, brokoli, jeruk, melon, stroberi, dan tomat.

Pun dengan vitamin lainnya yang juga memiliki peran sama pentingnya dalam memulihkan kondisi kesehatan Anda pasca operasi. Alpukat dan sayuran hijau diantaranya.

Makanan Yang Mengandung Protein

Supaya luka setelah operasi bisa cepat pulih, Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, seperti daging merah (tanpa lemak), telur, ikan, kacang kedelai dan olahannya (tahu tempe), dan kacang-kacangan.

Hal ini karena di dalam protein terdapat asam amino yang terlibat langsung pada proses penyembuhan luka dan regenerasi jaringan. Sehingga, makanan dengan protein termasuk makanan yang baik untuk dikonsumsi setelah operasi.

Yoghurt

Minuman dari susu ini memiliki prebiotik yang bisa mencegah infeksi pada luka pasca operasi yang Anda lakukan.

Susu

Selain mengandung protein, di dalam susu juga terdapat kalsium yang dapat memperbaiki kontraksi otot ataupun kerusakan sel yang terjadi setelah operasi caesar. Dibandingkan dengan susu full cream, susu rendah lemak lebih bagus untuk Anda minum selama proses penyembuhan.

Makanan Yang Mengandung Mineral

Zat besi dan seng yang merupakan bagian dari mineral sangat dibutuhkan untuk penyembuhan luka dan sebagai asupan energi setelah operasi.

Seperti protein, mineral juga bisa Anda dapatkan dari daging-dagingan, kacang-kacangan, serta buah aprikot, roti gandum, dan juga sereal.


Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Setelah Operasi Lainnya


  • Bubur
  • Buah-buahan
  • Kacang polong
  • Sup ayam
  • Kentang yang di kukus

Selain mengkonsumsi makanan sehat setelah opersi di atas, Anda juga disarankan untuk minum air putih minimal delapan gelas setiap harinya. American Cancer Society mengungkapkan, bahwa air selain membantu tubuh agar tetap terhidrasi, juga membantu proses metabolisme tubuh dan membuang racun-racun lewat urine ataupun keringat, dan ini penting selama proses penyembuhan.

Demikianlah informasi mengenai makanan yang baik untuk dikonsumsi setelah operasi yang bisa saya share di sini. Semoga, dengan adanya artikel ini, Anda bisa lebih memperhatikan asupan makanan Anda demi kesembuhan dan kesehatan Anda setelah operasi.

Salam Sehat

0 comments:

Post a Comment