30 September 2017

Pantangan Makanan Untuk Penderita Paru Paru Basah


Mengetahui pantangan makanan paru paru basah sama pentingnya dengan mengetahui gejala dan penyebab paru paru basah. Menjaga asupan makanan selama proses penyembuhan dapat membantu kerja obat lebih maksimal.

Di samping itu, beberapa jenis makanan justru bisa memperburuk gejala paru paru basah yang sudah ada. Maka dari itu, agar cepat sembuh, Anda juga sebaiknya memperhatikan menu harian Anda. Pastikan Anda lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat dan minum 2-3 liter sehari.

Penasaran apa sajakah makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita paru paru basah? Berikut daftarnya untuk Anda.

Inilah Beberapa Pantangan Makanan Untuk Penderita Paru Paru Basah Yang Harus Anda Ketahui


Pantangan Makanan Untuk Penderita Paru Paru Basah

1. Ikan Asin

Pantangan penyakit paru paru basah yang pertama adalah ikan asin. Zat nitrosamin yang terkandung di dalam ikan asin dapat memicu terjadinya peradangan di paru-paru. Untuk mencegah kondisi yang lebih parah sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi ikan asin dulu sebelum benar-benar sembuh.

2. Terasi Merah

Salah satu bahan untuk membuat sambal ini mengandung rhodamin B yang merupakan sebuah zat penyebab iritasi di bagian sistem pernapasan. maka dari itu, penderita paru paru basah tidak boleh konsumsi terasi agar bisa segera pulih.

3. Acar dan Garam

Di dalam acar terdapat kandungan natrium yang tinggi, dan penderita paru paru basah harus membatasi asupan natrium. Sedangkan garam selain bisa memicu tekanan darah tinggi, juga bisa mempengaruhi penyakit paru paru basah yang Anda derita jika dikonsumsi secara berlebihan.

4. Alkohol

Tidak hanya membuat sel-sel saraf Anda mengalami penurunan dan kerusakan, alkohol dapat memperburuk gejala paru paru basah yang Anda derita.

5. Kafein dan Minuman Berkarbonasi

Minuman dan makanan yang harus dihindari oleh penderita paru paru basah lainnya adalah minuman berkarbonasi seperti soda, minuman bernergi, dan sejenisnya. Serta minuman atau makanan yang mengandung kafein, termasuk kopi, teh dan cokelat.

6. Makanan Pemicu Alergi

Jika Anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu, Anda juga harus menghindarinya. Alergi yang terjadi dapat menambah buruk penyakit paru paru basah yang Anda derita.

7. Makanan Lainnya

Selama pengobatan paru paru basah, Anda juga sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung bahan pengawet kimia, MSG, makanan berminyak dan tinggi lemak, serta fastfood yang meliputi:

  • Sosis, ham, nugget, dan daging olahan lainnya
  • Snack atau makanan ringan
  • Mie instan
  • Aneka gorengan dan makanan bersantan
  • Daging kambing
  • Jeroan dan seafood
  • Makanan dan minuman kalengan
  • Kentang goreng
  • Dll.

Itulah beberapa pantangan makanan untuk penderita paru paru basah yang sebaiknya tidak Anda masukan dalam menu harian agar pengobatan yang Anda lakukan memberikan hasil yang maksimal.

Terima kasih sudah menyimak artikel di atas. Semoga, artikel pantangan makanan paru paru basah ini bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.

0 comments:

Post a Comment